Orang-orang yang Berpuasa


Bismillahi arrahman arrahim

Allah telah mewajibkan orang-orang yang beriman untuk berpuasa, menahan diri dari lapar dan dahaga, serta dari segala perbuatan keji dan mungkar, agar kita menjadi hamba-hamba Nya yang bertaqwa. Dan bagi orang-orang yang senantiasa ikhlas dalam menjalankan puasanya, Allah telah menyediakan pintu khusus untuk mereka di surga.

Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘al-Rayan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.” (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).

Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda,

Dari Abi Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa memberi nafkah isterinya di jalan Allah, maka akan dipanggil dari pintu surga, ‘Wahai Hamba Allah! Ini adalah pintu kebaikan.’ Barangsiapa termasuk ahli salat, maka akan dipanggil dari pintu al-Shalah. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu al-Jihad. Barangsiapa termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu al-Rayyan. Dan barangsiapa termasuk ahli sedekah, maka akan dipanggil dari pintu al-Shadaqah. Abu Bakar lantas berkata, ‘Demi engkau dan ibuku (ummul mukminin), ya, Rasulullah! Apakah seseorang harus dipanggil dari pintu-pintu itu, dan adakah seseorang yang dipanggil dari pintu-pintu itu seluruhnya?’ Rasulullah menjawab, ‘Iya. Dan aku berharap semoga engkau termasuk dari mereka.” (HR. al-Bukhari).

2 responses to “Orang-orang yang Berpuasa

  1. Assalamu’alaikum Wr.. Wb..

    Marhaban Ya Ramadhan.

    “iwandj.wordpress.com dan lemabang.wordpress.com selamat menyambut bulan Ramadhan 1429 H. Mohon maaf lahir dan bathin.”

  2. Assalamu’alaikum Wr.. Wb..

    Marhaban Ya Ramadhan.

    “iwandj.wordpress.com dan lemabang.wordpress.com Mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan 1429 H. Mohon maaf lahir dan bathin.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s