Menuntut Ilmu Bagi Seorang Muslim


kaligrafi bismillah

“Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (QS Al Anbiyaa’ : 7)

Segala puji bagi Allah swt, Tuhan semesta alam. Allah memiliki apa-apa yang ada di langit dan di bumi dan yang ada di antara keduanya. Ilmu Allah meliputi seluruh alam semesta dan makhlukNya. Dan Dia telah menurunkan wahyuNya berupa petunjuk dan jalan yang lurus bagi orang-orang yang berilmu dan berpikir.

Allah telah menyerukan hamba-hambaNya untuk menuntut ilmu, terutama ilmu syara’, agar umat Islam mengerti tentang Islam dan ajarannya, serta memahami amal ibadah yang diserukan dan hikmah yang ada padanya. Ilmu juga akan mencegah manusia dari kesesatan tipu daya syaithan yang amat menyesatkan. Namun ada sebagian yang memandang rendah ilmu dan berbantahan tanpa didasari ilmu pengetahuan. Allah swt berfirman,

Di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang sangat jahat,(QS. Al Hajj : 3)

Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,(QS. An Nahl : 43)

Wajib Bagi Muslim Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Beberapa dalil menyatakan kewajiban dalam menuntut ilmu. Hal ini dikarenakan bahwa dengan ilmu setiap umat islam dapat membentengi dirinya dari pengaruh negatif dari luar, dan dapat meningkatkan ketaqwaan di dalam hatinya. Rasulullah saw bersabda,

Menuntut ilmu itu adalah wajib bagi setiap Muslim (orang Islam)” (HR. Ibnu Majah)

Didalam Ijma’ (kesepakatan) Ulama, banyak sekali pendapat yang menyatakan tentang menuntu ilmu. Namun hal ini semua perkataan mereka dikembalikan kepada kaidah agama (Ushul Fiqih) yang berbunyi.

Apabila suatu kewajiban tidak bisa dijalankan kecuali dengan yang lain, maka yang lain itu diwajibkan (hukum nya menjadi wajib)”

Hal ini berarti bahwa agar dapat mengerjakan yang ibadah yang wajib dengan baik, kita harus memiliki ilmu tentangnya. Oleh karena itu, menuntut ilmu, terutama ilmu syara’, menjadi wajib hukumnya.

Al Quran Bagi Yang Berilmu

Allah swt telah menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dengan ilmuNya. Dan Allah swt mewajibkan manusia untuk menuntut ilmu (terutama ilmu syara’) untuk dapat lebih memahami Al Quran dengan benar. Karena Al Quran memiliki perumpamaan-perumpamaan yang dapat dipahami oleh orang-orang yang berilmu. Allah swt berfirman,

Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.(QS. Al Ankabuut : 43)

Amal yang Merugi Tanpa Ilmu

Setiap amal perbuatan kita, dan ibadah yang kita kerjakan semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah swt. Dan untuk mencapai ridho Allah swt dari setiap amal ibadah yang kita lakukan maka kita harus memahami serta memiliki ilmu tentangnya. Allah swt berfirman,

Katakanlah (Muhammad) : “Apakah mau Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya (amalnya) dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.(Q.S Al-Kahfi : 103 – 104)

Dari ayat di atas, Allah telah menjelaskan bahwa orang yang paling merugi perbuatannya adalah orang-orang yang menyia-nyiakan amal ibadahnya karena melakukannya tanpa ilmu. Dan Rasulullah saw juga telah menjelaskan bahwa Allah swt akan menolak amal yang dilakukan tanpa landasan ilmu. Rasulullah saw bersabda,

Barangsiapa yang melakukan suatu amal yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalannya tertolak.” (HR. Muslim)

Penutup

Sebagai seorang muslim, marilah kita menjadikan ilmu sebagai landasan kita dalam melakukan amal ibadah. Semoga Allah swt selalu memberikan kita petunjuk dan hidayahNya, dan amal ibadah yang kita lakukan dengan ilmu, diterima dan diridhoiNya. Amiin..

Wallahu ‘alam bish showab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s